Kebuaian Tulang Bawang


PENDUDUK asli Lampung di Kabupaten Tulang Bawang di angkat dari adat kemargaan ”Megou Pak Tulang Bawang” (Marga Empat Tulang Bawang), yaitu kebuaian atau jurai dari 4 (empat) keturunan. Keempat kebuaian itu, masing-masing Buai Bulan, Buai Tegamoan, Buai Umpu dan Buai Aji. Kebuaian penduduk pribumi ini, di lingkungan setempat masing-masing mendiami sejumlah tempat di wilayah Tulang Bawang.

Keberadaan marga maupun buai-buai di Tulang Bawang, diantaranya dengan ditandai adanya perkampungan masyarakat pribumi Lampung, bahasa daerah sehari-hari yang mereka pergunakan serta budaya daerah penduduk suku asli yang turun temurun bermukim di sini. (*)
Share on Google Plus

About Unknown

4 komentar:

  1. untuk melengkapi data asa kebuaian megou pak tulang bawang, berasal dari pecahan kecekian, yang ada di tulang bawang yaitu ceki pinggir way dan ceki balak semoga keterangan ini bermanfaat untuk melengkapi data yang ada

    ReplyDelete
  2. irnfa adelesi@ Terima kasih datanya.

    ReplyDelete
  3. maaf untuk tambahan aja asal muasal megou pak tulang bawang dari 2 kecekian ,yaitu ceki balak,dan,ceki pinggir way ini tercatat di dalam buku yang dikeluarkan dari jaman kolonial dan dapat di buktikan karna buku itu ada pada kami ,kami selama ini selalu mengawasi tatanan kebudayaan tulang bawang dan sampai saat ini banyak pelaku pelaku budaya yang sengaja atau tidak sengaja berusaha menggelapkan sejarah ( culture genocide) ,jadi himbauan saya penyimbang-penyimbang adat yang ada sekarang ini legalitas nya sangat di ragukan untuk itu perlu di reformasi.(Ngeberengoh)

    ReplyDelete
  4. TASYA SINAN@ Terima kasih masukannya. Salam.

    ReplyDelete