Air Terjun Putri Malu, Pesona Wisata Alam Waykanan


PROVINSI Lampung terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang indah. Salah satu wisata alam indah yang berada di daerah ini, yaitu Air Terjun Putri Malu, terletak di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung.

Tempat wisata Air Terjun Putri Malu sangat mudah sekali diakses dari jalan lintas Sumatera. Jadi, para pengunjung tidak perlu kuatir kesulitan menemukan lokasinya. Pertama, para pengunjung tuju adalah SMU N 1 Baratadu, karena jalan masuk ke tempat wisata tersebut, yaitu persimpangan ke arah SMU N 1 Baratadu. Air Terjun Putri Malu sendiri mempunyai jarak kurang lebih sekitar 46 km dari Ibu Kota Kabupaten Waykanan, Blambangan Umpu. Sekarang kondisi menuju tempat wisata Air Terjun Putri Malu memang masih berupa jalan setapak. Tetapi kini prospek wisata Waykanan ini sudah mulai di kelola oleh Dinas Pariwisata Waykanan, Lampung.

Air Terjun Putri Malu terletak di ketinggian sekitar 100 m di atas permukaan laut. Tetes air yang jatuh itu, berbentuk melengkung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi. Hal tersebutlah yang kemudian mendasari air terjun ini dinamakan dengan “Putri Malu”.

Dari namanya saja pasti sudah jelas terbayang betapa indahnya pesona air terjun yang satu ini. Air Terjun Putri Malu memang benar-benar cantik. Maka tak mengherankan jika banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan dan maindi di air terjun yang satu ini. Ketika mendengar suara deburannya saja sudah segar, apalagi jika sudah terkena air cipratannya secara langsung.

Lokasi Air Terjun Putri Malu memang masih alami dan asri sekali, berpadu dengan indahnya panorama hijaunya pegunungan yang diselimuti hutan tropis basah yang masih perawan, menambah nyaman tempat ini untuk sekedar melepas penat dari aktivitas sehari–hari. Selain Air terjun Putri Malu, di Lampung masih ada beberapa air terjun lain yang tak kalah indahnya, seperti Pinang Indah, Haji, Way Kawat, Way Mencar, Bumi Harjo Munggah Lanang, Cekru Becek, Meong, Bung Batu, Bukit Duduk.

Air Terjun Putri Malu dapat dijadikan sebagai tempat wisata alternatif liburan pengunjung bersama orang–orang tercinta. Lokasi wisata Air Terjun Putri Malu ini tempatnya juga tidak terlalu jauh dari perkampungan penduduk, jadi pengunjung tidak perlu kuatir.

Di dekat Air Terjun Putri Malu terdapat tempat wisata juga, namanya Sumber Air Panas yang terletak di Kampung Jukuh Batu Banjit, bersebelahan dengan aliran Sungai Neki yang berbatu nan indah. Tempatnya berjarak sekitar 3 kilometer dari Kampung Cukuh Bat.

Saat berkunjung ke Air Terjun Putri Malu jangan lupa membawa bekal dan juga perlengkapan kebutuhan wisata lainnya. Selain itu para pengunjung juga harus tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar saat berwisata. Selamat berlibur! (*)

Sumber: http://www.lampungupdate.com/2016/08/air-terjun-putri-malu-pesona-wisata.html
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Post a Comment